Apa itu Zen-Cart?

Didesain untuk Merchan Online

Zen-Cart diprogram untuk para pengusaha online dalam memudahkan mereka membuka merchan untuk display produk dan komoditi mereka supaya mudah mempromosikan dan memperkenalkan produk mereka kepada calon pelanggannya. Meskipun mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman website sama sekali.

Sesuai slogannya, Zen-Cart benar-benar sebuah karya seni dalam menjalankan bisnis online (The Art of Ecommerce). Didesain sebagai sebuah aplikasi ecommerce yang gratis, user friendly, dan sistem belanja online open source. Sistem ini tetap dan masih mengalami pengembangan oleh sekelompok “pecandu” bisnis online, programmer, desainer, dan para konsultan yang berpikir bahwa bisnis online (ecommerce) perlu dilakukan dengan caranya sendiri. Sebagian solusi yang ditawarkan lebih terkesan sebagai komplikasi latihan pemrograman dari pada sebagai jawaban akan kebutuhan para customer dan pengusaha online (e-preneurs). Sementara Zen-Cart menempatkan kebutuhan merchan dan para pembelanja online sebagai dasar pertimbangan utama pembuatan aplikasi ini. Demikian pula dalam proses instalasi, aplikasi toko online lain hampir mustahil bisa diinstall tanpa memiliki skill pemrograman yang memadai. Sedangkan Zen-Cart sangat mudah diinstall meski oleh orang yang tidak memiliki skill pemrograman website sekali pun.

Didesain untuk Para Pembelanja Online

Zen-Cart akan memberikan sebuah pengalaman belanja online yang sangat mengesankan bagi para pelanggan Anda. Menggiring mereka untuk melihat dan meneliti produk-produk yang Anda tampilkan, menyediakan beberapa daftar yang mungkin akan sangat menarik buat mereka lewat program promosi dan penawaran khusus.

Setelah produk yang diinginkan telah dimasukkan ke tas belanja, para pembelanja akan melakukan tiga tahapan proses pembayaran (checkout) yang mudah dan aman.

Tahap pertama, alamat pengiriman dan penagihan ditampilkan sesuai data yang dimasukkan saat pelanggan melakukan registrasi (sign up). Pada tahapan pertama ini, mereka diminta menentukan pola pengiriman. Di sini mereka bebas memilih pola pengiriman seperti untuk order mereka. Pada tahapan ini juga mereka bisa mengetahui biaya pengirimannya. Aplikasi Zen-Cart juga memiliki bawaan (built-in) fasilitas muliple shipping methods, serta fasilitas penghitung tarif pengiriman online secara realtime, seperti UPS, USPS. Merchan juga bisa menyediakan tarif pengiriman flat, fasilitas pembayaran COD. Bisa juga ditambahkan opsi pengiriman lain yang bisa diatur sendiri oleh para pemilik merchan.

Tahap kedua, mereka diminta menentukan pola pembayaran apa yang mereka inginkan.  Ada dua jenis pola pembayaran online populer yang sudah built-in dalam aplikasi Zen-Cart, yaitu AuthorizeNet dan Paypal. Sehingga pembelanja bebas memilih alternatif pola pembayaran yang tersedia sesuai keinginannya. Merchan juga bisa menambahkan opsi pembayaran yang lain, seperti: money order (bisa dimodifikasi menjadi pembayaran dengan cek atau wesel pos), sampai pembayaran lewat transver bank offline dan online. Zen-Cart juga termasuk salah satu aplikasi ecommerce yang telah mendapatkan sertifikasi dari PayPal. Artinya, para pemilik merchan yang menggunakan aplikasi PayPal bisa menerima pembayaran lewat PayPal.

Tahap ketiga, alamat pengiriman, pola pengiriman, dan pola pembayaran kembali diuraikan dan pembelanja diminta untuk mereview ordernya. Sebelum menekan tombol konfirmasi, pembelanja bisa mengubah data-data tersebut. Pelanggan juga bisa meninggalkan pesan khusus kepada pengelola merchan yang bisa dituliskan pada form belanjaan mereka.

Setelah pelanggan mengonfirmasi ordernya, invoice order pun akan segera dikirim ke email pembelanja dan ke email pemilik merchan. Banyak hal yang kita butuhkan bisa dipenuhi oleh aplikasi Zen Cart.

  • Proses penyiapan dan instalasi program yang sangat mudah.
  • Penyesuaian dan modifikasi yang sangat mudah
  • Beberapa fungsi yang bisa diotomatisasi. Seperti tugas tertentu dan konfirmasi order.
  • Proses navigasi pelanggan yang sederhana
  • Aplikasi promosi dan program pemasaran yang sudah built-in. Seperti kupon diskon, voucer belanja, newsletters, dan program notifikasi produk yang membantu para pembelanja untuk selalu up-to-date mengenai produk yang mereka gandrungi.
  • Pembuatan program diskon per-produk, diskon umum keseluruhan produk, diskon per kelompok produk, serta penentuan diskon berdasarkan kuantitas belanja.
  • Yang tidak kalah handal adalah, peralatan SEO (Search Engine Optimization), kontrol meta tag per produk, akan membuat produk-produk Anda mudah diserap oleh mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, MSN, serta mesin pencari (search engine) lainnya.
  • Alat pelindung password administrator dan sistim pengamanan folder administrator yang handal dan mudah.
  • Sangat mendukung untuk website multi-bahasa, multi-mata uang, dan struktur pajak.

Ringkasnya, Zen-Cart akan memberikan pengalaman belanja online yang mengesankan bagi para pelanggan Anda.

Didesain untuk Para Desainer Web

Zen Cart memberikan kesempatan bagi para web desainer untuk membuat toko online yang mudah dan selalu up-to-date dengan fitur-fitur barunya. Menyediakan layanan yang ramah yang bisa digunakan pada setiap level industri dan usaha dengan praktek pengayaan yang terintegrasi.

Salah satu kunci rahasia di balik kekuatan Zen-Cart sebagai shopping cart adalah, kekuatan dan kemudahan kodifikasi pembuatan template yang “abstrak” dalam hal tampilan. Hal ini memberi keleluasan bagi klien Anda untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang cepat dan sempurna pada fitur tampilan situs mereka sesuai kebutuhan.

Untuk Para Pengembang dan Penyedia Layanan Hosting

Para pengembang bisa melakukan solusi cutting edge berdasarkan standar teknologi modern pada Zen-Cart. Kombinasi teknologi server PHP dengan kemampuan memilih dari beragam jenis database dan back-end, menghasilkan perangkat lunak yang fleksibel dan dapat disesuaikan serta dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Adapun standar minimum server yang dianjurkan untuk bisa menjalan Zen-Cart adalah: PHP 4.3.2 atau di atasnya; Apache 1.3.x dan MySQL 3.23.x atau di atasnya; PHP 4.3.2 atau di atasnya; Apache 1.3.x dan MySQL 3.23.x atau yang lebih tinggi.

Filosofi Zen-Cart

Idealisme Zen-Cart sederhana saja:

  1. Memelihara tujuan para pemilik toko online untuk selalu diingat setiap saat.
  2. Membuat segala sesuatu menjadi mungkin untuk digunakan dengan cara yang sederhana.
  3. Mendengarkan dan merespons pandangan dan masukan dari para pengguna kami.
  4. Terus memperluas basis data dan pilihan server.
  5. Berusaha untuk menjadi shopping cart yang sempurna.

Kami hanya ingin menyediakan program shopping cart yang cepat dan mudah serta tersedia untuk setiap orang di bawah lisensi GPL. Tim pengembangan Zen-Cart mendorong para anggota komunitas kami dan mengundang siapa saja untuk menjadi bagian dari komunitas kami, untuk memberikan masukan serta berdiskusi tentang berbagai solusi online untuk menjalankan bisnis.

Selanjutnya, tim kami senantiasa berniat membuka komunikasi dengan para user kami tentang apa yang sedang terjadi, tujuan-tujuan kami, rencana release dan launching versi-versi baru, serta untuk memastikan bahwa kami telah menerapkan fitur-fitur penting dan mempromosikan bisnis yang menguntungkan bagi para pemilik toko online.

19 responses to this post.

  1. Halo.. saya belum pernah pakai zen cart dan lagi nyari-nyari info. Kalau dari segi keamanan zen cart ini gimana kira-kira? Maksudnya kalau dibandingkan dengan yang berbayar seperti X cart misalnya, atau wordpress dengan tambahan plugin woocommerce. Soalnya hal yang paling saya pertimbangkan dalam masalah e commerce ya keamanannya. Terima kasih sebelumnya.

    Balas

    • Dari sisi keamanan, yang berbayar tidak selalu lebih aman. Kecuali kalau Anda menerima pembayaran pakae CC secara online, bisa Anda pakai yang berbayar saya. Tapi pakai yang Open Source pun sebenarnya tidak ada masalah, asalkan Anda pakai SSL aja.

      Balas

  2. Posted by susy on 1 Juni 2011 at 1:42 AM

    Assalamu’alaikum..,
    Pak, saya mau masukin YM, Twitter, dan FB ke situs Zen-Cart saya, tapi masukin nya gimana caranya? Code-nya disimpan di file mana? agar ke-3nya bsia tampil di Home? Trims

    Balas

  3. Posted by roni on 31 Maret 2011 at 1:35 AM

    numpang nanya,…

    saya dah bli domain n hosting, saya memang belum memiliki desain off line, kepengennya langsung install zen cart dari fantastico dan sudah saya lakukan tp belum berhasil. g tau knapa pesannya zen cart tidak bisa di instal. yang ingin saya tanyakan:

    1. apa yang harus diinstall d cpanel sebelum kita install zen cart d fantastico?
    2. harusnya kita menempatkan zen cart di direktori root domain atau bikin direktori lain?
    bagaimana caranya edit mengedit zen cart ya?

    sementara ini dulu, makasih banyak bantuannya

    Balas

    • 1. Anda harus membuat databasenya dulu, dengan nama unik, username dan password yang kuat yang kecil kemungkinan bisa ditebak bila ada yang ingin menghack situs Anda. Karena database yang dibuat oleh Zen-Cart sewaktu Anda menginstallnya dari fantastico menggunakan nama, username, dan password yang sangat sederhana dan lemah. Anda bisa melakukan lewat menu phpmyadmin.
      2. Zen-Cart bisa Anda tempatkan di folder utama, contoh: public_html. Atau, Anda juga bisa membuat sub-direktori baru. Anda yang pilih enak dan mudahnya yang bagaimana.

      Balas

  4. thanks ya…. saya sudah melaksanakan semua sesuai petunjuk yang ada ( saya sudah membeli bukunya, serta bonus kasetnya) tapi apakah saya boleh gunakan di web atau blogspot yang free

    wasalam
    Jafar Madina

    Balas

    • blog beda dengan ecommerce. Setahu saya, tidak ada server yang menyediakan space gratis untuk situs ecommerce. Seperti di Mall, tidak ada pengelola mall yang menyediakan tempat gratis untuk berdagang di mall, semua merchant harus bayar space untuk berjualan…🙂

      Sukses selalu buat Anda….

      Balas

  5. Zencart mirip banget OsCommerce. Mungkin ini adiknya..he..he.. tapi ada yang kurang kayaknya. Tarif biaya kirim di Indonesia itu mengikuti jarak (kota) dan berat (kilogram/gram). Gimana tuh ngaturnya di zencart, yang ada kan semacam: tarif flat, tarif zona, persentase harga, bertingkat sesuai berat. Kalau makai tarifnya TIKI – JNE misalnya kan bertingkat berat ditambah variabel kota……

    Balas

    • Pengiriman di Zen-Cart memiliki banyak modul yang memberi kita kebebasan untuk mengatur biaya pengiriman. Seperti modul Multiple Zones, kita bisa mengatur jumlah zona sesuai keinginanan kita. Kita bisa mengatur dasar kalkulasi ongkos kirim berdasarkan kode pos, desa, kecamatan, kabupaten, atau flat rate per propinsi.

      TIKI dan JNE belum memiliki teknologi secanggih UPS, Fedex, dan jasa pengiriman internasional lainnya yang memungkinkan kalkulasi ongkos kirim secara live dengan hanya menggunakan api key yang terhubung dengan server mereka sehingga para pedagang online tinggal melakukan registrasi akun ke kantor-kantor cabang mereka. Oleh karena itu, kita sendiri yang harus “berjuang” mengatur setting modul-modul addons itu sesuai tarif mereka, meski memang tidak bisa tepat 100% sesuai tarif mereka. Paling tidak, kita bisa memanjakan konsumen dengan lebih banyak kemudahan.

      Balas

  6. ass.wr.wb.
    ketemu juga situs yg bahas zen cart, btw templatenya bagus baget dah buka http://laroci.com/crv/
    nanti di permak dah punya saya, masih sangat sederhana sih, pake pitur paling sederhana, ngak pake aneh-aneh yang penting jualan doang.

    ok deh gitu aja, semoga sukses dagangannya. dan mohon ijin belajar dari njenengan.
    wass.wr.wb.
    http://pasarjogja.com – bawa batik dengan sederhana saja.

    Balas

  7. Posted by rainat on 12 Februari 2010 at 12:32 PM

    Bagaimana cara mendapatkan Apikasi Zen-cart ini mas?

    Balas

    • Anda bisa mendapatkannya dengan membeli buku saya… he he hee… judulnya, 1 Jam Membuat Toko Online dengan Zen-Cart. Plus bonus CD Source Code yang berisi aplikasi ini dan beberapa addons penunjang…

      Atau, anda bisa klik di link yang ada di sisi kanan blog ini untuk langsung ke TKP…

      Balas

  8. Assalamualaikum bung Hudzaifah, saya sudah beli bukunya, ada beberapa hal yang mau saya tanyakan:
    1.kalo menggunakan web host gratisan ( misal: 000webhost)bisa gak?
    2.dalam beberapa template zencart ada ” featured product” dan “special product” bagaimana cara mengaturnya?
    3. saya mencoba menginstall addon bahasa indonesia sesuai petunjuk dalam buku, tapi selalu gagal, ada yang salah?

    terima kasih mohon pencerahan

    Balas

    • wa’alaikum salam…

      1. Coba Anda baca term of conditiionsnya. Biasanya, hosting gratis tidak membolehkan pemasangan situs ecommerce.
      2. Anda bisa mengaturnya dari menu Catalog > Specials dan Catalog > Featured Product. Tetapi sudah harus ada produk dalam katalog Anda.
      3. Pesan error apa yang timbul setelah Anda menginstall? Saya merekomendasikan untuk tetap menggunakan bahasa inggris (english) tetapi hanya untuk front endnya saja yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. (ada dalam cd bonusnya).

      semoga berhasil…

      Balas

  9. thank’s Jobs…

    Balas

  10. salam kenal good zencart

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: